Sabtu, 19 November 2011

Iseng-iseng

Kata bijak…..

Kata orang hidup ini penuh
Dengan kesedihan dan kemurungan
Aku jawab : “Tersenyumlah, biarkan
Kemurungan  hanya terjadi di langit
Saat sedang berawan

Pencerahan…….

Seringkali persoalan yang sepele itu
menjerumuskan orang paling bijak sekalipun
ke tepi jurang kegilaan.
  
Tentang kecemasan…..

               Pengaruh terburuk yang timbul dari kecemasan ialah hancurnya potensi kemampuan diri untuk memusatkan pikiran. Ketika kita tengah dirundung kecemasan, konsentrasi pikiran kita akan kacau. Tetapi kalau kita memaksakan diri untuk menghadapi kemungkinan yang paling buruk, itu artinya kita telah memposisikan diri pada satu sikap yang memungkinkan kita untuk memusatkan pikiran untuk menanggulangi inti persoalan yang tengah kita hadapi.
             Sesungguhnya kita tidak sanggup untuk selalu bersemangat dalam melakukan suatu pekerjaan yang penting, sementara dalam waktu yang sama kita sedang merasa cemas atau bimbang akan hasilnya. Kedua perasaan satu sama lain jelas bersebrangan, sehingga salah satunya menafikan yang lain.
            Ketika Anda merasa cemas memikirkan masa sekarang yang membuat Anda terguncang, kembalikan ingatan Anda pada kecemasan paling berat yang pernah Anda alami pada masa lalu. Dengan demikian pikiran Anda akan diipenuhi oleh dua beban perasaan yang berbeda. Bukan hanya oleh satu beban perasaan. Akibatnya, beban perasaan yang lebih kuat yang terjadi pada masa lalu akan dapat mengalahkan beban perasaan saat ini. Lalu sangat boleh jadi Anda akan mengatakan :”Tidak ada yang lebih buruk daripada krisis masa lalu. Sungguh demikian, nyatanya aku berhasil melewatinya”.

             Jika Anda dapat melalui krisis masa lalu yang sangat berat denga selamat, segala kesulitan dan krisis sekarang ini seberat apapun pasti terasa lebih ringan.

             Kecemasan lebiih dekat mencekam Anda ketika Anda sedang berada di luar kesibukan bekerja. Kecemasan hanya akan melanda Anda saat Anda sedang menganggur tanpa aktivitas. Sebab, ilusi Anda pada waktu itu akan menghimpun dan membolak-balikkan segala macam kemungkinan. Dan untuk mengatasi hal itu, sebaiknya Anda sibuk beraktivitas dengan tekun dan sungguh-sungguh. Coba saja……good luck…….